https://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/issue/feedPERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan2024-02-12T13:54:05+00:00Mochamad Guntur[email protected]Open Journal Systemshttps://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/article/view/44DINAMIKA KEMAMPUAN BERSOSIALISASI ANAK USIA DINI DARI ORANG TUA YANG BERCERAI (STUDI KASUS) DI TK MEIRA - TELUK BETUNG TIMUR2023-07-12T09:41:32+00:00Ananda Frizka[email protected]Hetty Anggraini[email protected]Jimi Harianto[email protected]Sulistianah[email protected]<p><span style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bersosialisasi anak usia dini dari orang tua yang bercerai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik TK MEIRA - Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandar Lampung. Subjek penelitian adalah 2 peserta didik yang merupakan anak dari orang tua yang bercerai. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data interaktif.</span></p> <p><span style="font-weight: 400;">Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa permasalahan yang terjadi pada anak usia dini dengan kondisi orang tua yang bercerai, yang dimana perceraian orang tua ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: Faktor perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga, ekonomi dan campur tangan orang ketiga (orang tua) salah satu pasangan. </span></p>2023-07-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 frizka ananda frizkahttps://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/article/view/51UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MAZE BERBANTUAN MEDIA LOOSE PART2023-12-06T07:59:53+00:00Pratiwi Rizki Pratama[email protected]<p>Kemampuan literasi dibutuhkan oleh setiap anak sebagai salah satu kemampuan pada abad ke-21, salah satu hal yang menunjang tersebut adalah anak dituntut untuk dapat ekspresif dalam mengungkapkan sesuatu terutama pada usia dini. Diperlukan suatu tindakan untuk dapat menunjang hal tersebut salah satunya adalah pada anak usia dini melalui proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak yaitu melalui kegiatan membuat maze menggunakan media pembelajaran <em>loose part </em>yaitu media permainan bersifat edukatif yang ada di sekitar anak berupa bahan-bahan terbuka, dapat terpisah, disatukan kembali. Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelompok B TK PKP Jakarta Islamic School tahun ajaran 2022/2023. Hasil temuan menunjukkan . Dengan demikian, meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun perlu memperhatikan strategi pembelajaran yang sesuai berdasarkan tingkat pemahaman, metode pembelajaran yang digunakan, serta media pembelajaran yang dapat bervariasi, menarik, dan merangsang kreativitas anak dalam bermain.</p> <p> </p>2023-07-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Pratiwi Rizki Pratamahttps://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/article/view/43‘THE DAYS IN MY LIFE’ ACADEMIC BUOYANCY EDITION: EKSPLORASI TANTANGAN GURU SEKOLAH DASAR MENGHADAPI MASA POST-PANDEMI COVID-192023-08-30T11:10:50+00:00Ridha Fauzia Rimuna[email protected]Faiz Fatihul 'Alwan[email protected]<p>Masa pandemi covid-19 sudah berakhir, setidaknya sampai kita menyadari bahwa proses adaptasi untuk keluar dari masa itu masih terus berjalan. Tantangan-tantangan baru muncul di masa post-pandemi, tidak terkecuali untuk para guru tingkat sekolah dasar. Kemampuan guru untuk menghadapi tantangan dan kesulitan sehari-hari ini yang kemudian disebut sebagai <em>Academic buoyancy</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan akademis dan dinamika buoyancay guru sekolah dasar di Indonesia ketika post pandemi covid-19. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi, penelitian ini melakukan wawancara mendalam kepada dua guru sekolah dasar yang dipilih secara purposif. Waktu penelitian dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, ketika memasuki pandemi dan ketika setelah pandemi. Adapun analisis data yang digunakan merupakan analisis interaktif yang meliputi <em>raw text, relevant text, repeating ideas,</em> dan <em>themes</em>. Penelitian ini mendapati bahwa ada 3 tantangan yang bergerak dinamis dari awal masa pandemi covid-19 hingga sekarang di masa post-pandemi covid-19: 1) Metode dan media belajar, 2) Penguasaan variasi model pembelajaran, dan 3) Interaksi guru dengan orang tua siswa. Penelitian ini bermanfaat untuk para guru sekolah dasar sebagai pembelajaran melewati tantangan sehari-hari di masa post pademi, dapat menjadi rujukan kebijakan mengenai kegiatan pendidikan di masa post pademi, dan landasan untuk penelitian lebih lanjut mengenai <em>academic buoyancy</em> guru sekolah dasar.</p>2024-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Ridha Fauzia Rimuna, Faiz Fatihul 'Alwanhttps://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/article/view/49PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI MEDIA ANDROID PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS VI SDN 1 KARANGASEM2024-01-30T13:02:28+00:00Tria Aditia Nugraha[email protected]Ratri Nuryani Qudwatullathifah[email protected]<table> <tbody> <tr> <td> <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pengembangan bahan ajar yang belum sepenuhnya dilakukan oleh para pendidik. Hal tersebut banyak terhalang waktu dan keterbatasan sumber yang diperoleh. Sehinga pembelajaran yang dilaksanakan masih belum optimal,khususnya pada saat pembelajaran teks eksposisi. Rumusan masalah : (1) Bagaimanakah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi dalam surat kabar Radar Cirebon, Pikiran Rakyat, Republika? (2) Bagaimana produk pengembangan bahan ajar teks eksposisi untuk siswa kelas VI ? (3) Bagaimana hasil implementasi pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran teks eksposisi untuk siswa kelas VI?. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi dalam surat kabar Radar Cirebon, Pikiran Rakyat, Republika, Menjelaskan produk pengembangan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi, dan Menjelaskan hasil implementasi bahan ajar dalam pembelajaran teks eksposisi untuk siswa kelas VI. Subjek penelitian adalah dosen/ pakar, ahli media, siswa kelas VI SDN 1 Karangsem. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (<em>Research and Development atau R & D</em>) dengan model ADDIE (<em>Analysis,</em> <em>Design, Development, Implementation, and Evaluation</em>)(Multianingsih, 2011: 184-185). Dengan demikian, metode penelitian yang digunakan mengacu pada istilah yang digunakan oleh Dick and Carry yaitu ADDIE (<em>Analysis,Design,Development,Implementation and Evaluation</em>). Hasil uji validasi I dari ahli materi memperoleh nilai 93,4%, validasi II oleh ahli media memperoleh nilai 95%, dan hasil implementasi memperoleh tanggapan atau respon yang positif dari siswa yaitu dengan memperoleh skor 89,3%. Simpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan bahan ajar teks eksposisi untuk siswa kelas VI, memenuhi kriteria Valid atau Layak untuk digunakan oleh siswa atau guru dalam pembelajaran teks eksposisi pada siswa kelas VI.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2024-02-07T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Tria Aditia Nugraha, Ratri Nuryani Qudwatullathifahhttps://periskop.ipbcirebon.ac.id/index.php/jp/article/view/57PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PERKALIAN BILANGAN BULAT2024-02-12T13:54:05+00:00Mochammad Agri Triansyah[email protected]Ines Sri Suryana[email protected]<p><em>This research aims to determine the effect of using word wall based educational games in mathematics learning on student learning motivation in grade VI at SDN Bojonggenteng Elementary School. This research is quantitative research using survey methods. The subjects of this research were 87 Class VI students, where the sample was 37 Class VI students. The data collection technique in this research is by using a questionnaire. Information obtained from respondents using this questionnaire was used to determine the effect of using wordwall-based educational games on learning motivation. This research uses partial testing (t test) to determine the hypothesis. The hypothesis results obtained based on the partial test (t test) are 3.552 (tcount) > 2.045 (ttable) with a significance of 0.000 < 0.05. These results show that H₁ is accepted and H₀ is rejected, which means that there is a positive and significant influence between wordwall-based learning media on learning motivation in mathematics learning for class V1 students at SDN Bojonggenteng.</em></p>2024-02-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Mochammad Agri Triansyah, Ines Sri Suryana