PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.41Keywords:
Pendidikan Pancasila, Problem Based Learning, AudiovisualAbstract
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila memiliki tujuan agar peserta didik mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan. Namun rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila di kelas IVB SDN Kembangarum 01 menjadikan tujuan dari penerapan pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi kurang optimal. Hal tersebut dikarenakan guru kurang optimal dalam proses belajar mengajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Kembangarum 01 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru meningkat yaitu pada siklus I dengan kriteria baik dan siklus II sangat baik; (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh kriteria cukup, siklus II baik; (3) hasil belajar pada prasiklus persentase ketuntasan 46,43% dengan nilai rata-rata 64,96. Siklus I meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 75,71, dan siklus II meningkat menjadi 92,85% dengan nilai rata-rata 86,54.