PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL

Authors

  • Riza Maulida Universitas Negeri Semarang
  • Fitria Dwi Prasetyaningtyas Universitas Negeri Semarang
  • Endang Setyawardhani SD Negeri Kembangarum 01

DOI:

https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.41

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Problem Based Learning, Audiovisual

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Pancasila memiliki tujuan agar peserta didik mampu berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan. Namun rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila di kelas IVB SDN Kembangarum 01 menjadikan tujuan dari penerapan pembelajaran Pendidikan Pancasila menjadi kurang optimal. Hal tersebut dikarenakan guru kurang optimal dalam proses belajar mengajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Kembangarum 01 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru meningkat yaitu pada siklus I dengan kriteria baik dan siklus II sangat baik; (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh kriteria cukup, siklus II baik; (3) hasil belajar pada prasiklus persentase ketuntasan 46,43% dengan nilai rata-rata 64,96. Siklus I meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 75,71, dan siklus II meningkat menjadi 92,85% dengan nilai rata-rata 86,54.

Author Biographies

Fitria Dwi Prasetyaningtyas, Universitas Negeri Semarang

 

 

Endang Setyawardhani, SD Negeri Kembangarum 01

 

 

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Maulida, R., Prasetyaningtyas, F. D., & Setyawardhani, E. (2023). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.41