PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI MEDIA ANDROID PADA PEMBELAJARAN SISWA KELAS VI SDN 1 KARANGASEM
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v4i2.49Keywords:
Pengembangan bahan ajar, teks eksposisi, AMMPAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pengembangan bahan ajar yang belum sepenuhnya dilakukan oleh para pendidik. Hal tersebut banyak terhalang waktu dan keterbatasan sumber yang diperoleh. Sehinga pembelajaran yang dilaksanakan masih belum optimal,khususnya pada saat pembelajaran teks eksposisi. Rumusan masalah : (1) Bagaimanakah struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi dalam surat kabar Radar Cirebon, Pikiran Rakyat, Republika? (2) Bagaimana produk pengembangan bahan ajar teks eksposisi untuk siswa kelas VI ? (3) Bagaimana hasil implementasi pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran teks eksposisi untuk siswa kelas VI?. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi dalam surat kabar Radar Cirebon, Pikiran Rakyat, Republika, Menjelaskan produk pengembangan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran teks eksposisi, dan Menjelaskan hasil implementasi bahan ajar dalam pembelajaran teks eksposisi untuk siswa kelas VI. Subjek penelitian adalah dosen/ pakar, ahli media, siswa kelas VI SDN 1 Karangsem. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research and Development atau R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation)(Multianingsih, 2011: 184-185). Dengan demikian, metode penelitian yang digunakan mengacu pada istilah yang digunakan oleh Dick and Carry yaitu ADDIE (Analysis,Design,Development,Implementation and Evaluation). Hasil uji validasi I dari ahli materi memperoleh nilai 93,4%, validasi II oleh ahli media memperoleh nilai 95%, dan hasil implementasi memperoleh tanggapan atau respon yang positif dari siswa yaitu dengan memperoleh skor 89,3%. Simpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan bahan ajar teks eksposisi untuk siswa kelas VI, memenuhi kriteria Valid atau Layak untuk digunakan oleh siswa atau guru dalam pembelajaran teks eksposisi pada siswa kelas VI.