PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.24Keywords:
Hasil belajar, Media Ajar, Metode, Sekolah DasarAbstract
Proses pembelajaran yang cenderung menggunakan metode konvensional menyebabkan kurangnya kreativitas guru untuk menghadirkan belajar mengajar yang kreatif dan menyenangkan terutama dalam pembelajaran Bahasa indonesia. Pembelajaran tersebut misalnya dapat dilakukan salah satunya dengan cara menggunakan media ajar seperti audiovisual. Peneliti melakukan penelitian untuk melihat bagaimana pengaruh media belajar audiovisual tujuannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan fasilitas sekolah yakni proyektor infokus, dengan maksud mengatasi rasa bosan dan meningkat semangat belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitaf Sampel yang digunakan merupakan siswa kelas Tinggi SD Budaya sebanyak 30 orang. Agar mengetahui apakah terdapat perubahan saat menggunakan media audiovisual pada nilai siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, rata – rata dari Pre- Test yakni 70.30 dan rata – rata dari Pos-Test yakni 79.97 . dapat memperoleh hasil kolerasi yakni -,119 dan hasil signifikansi yakni 0.531 . Karena hasil signifikasi yang didapatkan yakni 0.531 Uji Paired Test dengan variabel hasil belajar siswa dan variabel pemanfaatan media pembelajaran audiovisual menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,002 berdasarkan data tersebut di atas. Kesimpulan penelitian ini adalah Ho ditolak sedangkan Ha disetujui karena 0,002 adalah 0,005.