PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Salsabilah Ainun Hasnaa Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
  • Siti Sahronih Institut Pendidikan dan Bahasa Invada

DOI:

https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.31

Keywords:

google sites, hasil belajar, pembelajaran interaktif, pembelajaran IPA.

Abstract

Mata pembelajaran IPA sekolah dasar merupakan salah satu mata pelajaran penting. Pembelajaran IPA mengajarkan siswa untuk lebih aktif dan berpikir kritis. Namun fakta dilapangan peneliti menemukan permasalahan terhadap metode yang diterapkan guru, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang tergolong rendah. Penelitian ini dilakukan di SDN Penggung karena peneliti saat melakukan observasi di sana menemukan permasalahan pembelajaran IPA di kelas V yang membuat nilai Kelas V di SDN Penggung saat itu tergolong rendah. Penelitian ini yakni penelitian kuantitatif  dimana sistem yang dipakai yaitu eksperimental. One-group pre-test and post-test design dipakai sebagai desain penelitian. Metode pengumpulan ilustrasi yang dipakai yaitu purposive sampling. Metode ini digunakan untuk menentukan efek materi pembelajaran interaktif berplatfrom web Google Sites pada pengkajian IPA. pada Tabel 2 yang menunjukkan bahwa nilai post-test 89,14 lebih besar dari nilai pre-test 66,72. Skor N-gain prestasi belajar siswa dapat digunakan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran hasil belajar siswa N-gain kategori sedang adalah 67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif media pendidikan interaktif berbasis website Google Sites terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Penggung.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Hasnaa, S. A., & Sahronih, S. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE GOOGLE SITES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>