PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN SUKAIMUT

Authors

  • Sri Maharani Institut Pendidikan dan Bahasa Invada Cirebon
  • Mochamad Guntur Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
  • Siti Sahronih Institut Pendidikan dan Bahasa Invada

DOI:

https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.29

Keywords:

Elementary School, Learning Media, Learning Motivation, Video Media

Abstract

Rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas IV sampai VI di SDN Sukaimut mengakibatkan menurunnya kualitas belajar siswa. penerapan media berbasis video menjadi salah satu cara penyampaian materi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peneliti ingin melihat seberapa besarkah media berbasis video memengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas IV sampai VI SDN Sukaimut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel berjumlah 26 peserta didik kelas IV sampai VI dengan menggunakan jenis teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup yang mengukur variabel media berbasis video untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik kelas IV sampai VI. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi rank spearman karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menyatakan bahwa Ha diterima terlihat dari hasil korelasi signifikan dicapai senilai 0,00 yang mana lebih kecil dari alpha (0,05). Berarti adanya hubungan penggunaan media berbasis video terhadap motivasi belajar siswa SDN Sukaimut. 

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Maharani, S., Guntur, M., & Sahronih, S. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI DI SDN SUKAIMUT. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>