EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.33Abstract
Sains merupakan salah satu mata pelajaran penting di sekolah dasar yang harus dipelajari oleh siswa. Namun dalam pembelajaran IPA di SDN 1 Pabuaranwetan menurun karena siswa siswi yang tidak fokus dan tidak memperhatikan materi pembelajaran dengan baik. Permasalahan tersebut dapat di realisasikan dengan menggunakan metode pembelajaran salah satunya metode Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Discovery Learning pada mata pelajaran IPA materi struktur tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pabuaranwetan. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan menggunakan rancangan pre-test and posttest of a group. Sampel diambil dari satu kelas dengan maksimal 30 peserta. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes berjumlah 20 pilihan ganda. Berdasarkan peningkatan skor pretest dan posttest sebesar 23,67%, Ini dapat dicapai dengan jumlah t-hitung lebih tinggi dari rata-rata dari t-tabel artinya lebih rendah dari 0.000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery Learning mempunyai efektivitas terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Struktur Tumbuhan terhadap IPA Kelas IV SD Negeri 1 Sekolah Pabuaranwetan.