‘THE DAYS IN MY LIFE’ ACADEMIC BUOYANCY EDITION: EKSPLORASI TANTANGAN GURU SEKOLAH DASAR MENGHADAPI MASA POST-PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v4i2.43Keywords:
Academic buoyancy, Guru Sekolah Dasar, Post-Pandemi Covid-19Abstract
Masa pandemi covid-19 sudah berakhir, setidaknya sampai kita menyadari bahwa proses adaptasi untuk keluar dari masa itu masih terus berjalan. Tantangan-tantangan baru muncul di masa post-pandemi, tidak terkecuali untuk para guru tingkat sekolah dasar. Kemampuan guru untuk menghadapi tantangan dan kesulitan sehari-hari ini yang kemudian disebut sebagai Academic buoyancy. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan akademis dan dinamika buoyancay guru sekolah dasar di Indonesia ketika post pandemi covid-19. Melalui pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi, penelitian ini melakukan wawancara mendalam kepada dua guru sekolah dasar yang dipilih secara purposif. Waktu penelitian dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, ketika memasuki pandemi dan ketika setelah pandemi. Adapun analisis data yang digunakan merupakan analisis interaktif yang meliputi raw text, relevant text, repeating ideas, dan themes. Penelitian ini mendapati bahwa ada 3 tantangan yang bergerak dinamis dari awal masa pandemi covid-19 hingga sekarang di masa post-pandemi covid-19: 1) Metode dan media belajar, 2) Penguasaan variasi model pembelajaran, dan 3) Interaksi guru dengan orang tua siswa. Penelitian ini bermanfaat untuk para guru sekolah dasar sebagai pembelajaran melewati tantangan sehari-hari di masa post pademi, dapat menjadi rujukan kebijakan mengenai kegiatan pendidikan di masa post pademi, dan landasan untuk penelitian lebih lanjut mengenai academic buoyancy guru sekolah dasar.