PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ICT DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP PENGETAHUAN GURU DI SD DEWI KUNTI 1 TIGARAKSA
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.38Keywords:
pembelajaran online, ICT, aplikasi kahoot, sekolah dasarAbstract
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi sudah seharusnya diintegrasikan ke dalam pembelajaran, terlebih adanya Pandemi Covid 19 memaksa seluruh instansi tidak terkecuali pendidikan mengalihkan pembelajaran melalui online. Potensi dan kerentanan ini membuat para penggerak pendidikan termasuk dosen Universitas Tangerang Raya untuk melakukan tindakan yang dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya bidang pendidikan. Dosen Universitas Tangerang Raya melakukan pelatihan pembelajaran online berbasis ICT dengan memanfaatkan Aplikasi Kahoot. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penerapan Kahoot sebagai media pembelajaran terhadap pengetahuan guru dalam mengembangkan pembelajaran online berbasis ICT dengan memanfaatkan Aplikasi Kahoot. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode kuasi eksperimen One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media Kahoot berpengaruh terhadap pengetahuan guru. Hasil penelitian kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran online di SD Kunti 1 Tigaraksa.
Abstract
The development of information technology should have been integrated with learning, especially with the Covid 19 Pandemic forcing all agencies including education to shift learning online. These potentials and vulnerabilities make education movers including Tangerang Raya University lecturers take actions that can be utilized by the community, especially in the education sector. Tangerang Raya University lecturers conduct ICT-based online learning training by utilizing the Kahoot Application. The purpose of this study was to see the effect of applying Kahoot learning media on teacher knowledge in developing ICT-based online learning by utilizing the Kahoot Application. The type of research used in this study was experimental research with the One Group Pretest Posttest quasi-experimental method. The data collection technique used is in the form of a test. The results of the study show that Kahoot media has an effect on teacher knowledge. The results of this collaborative research are expected to improve the quality of online learning at SD Kunti 1 Tigaraksa.