ANALISIS HAMBATAN GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19: STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/SETARA DI KABUPATEN TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.42Keywords:
Hambatan Guru IPS, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengungkapkan bagaimana hambatan guru IPS dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hambatan yang dialami guru IPS dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan solusi praktis dalam menerapkan pembelajaran secara daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu yang pertama yaitu: (1) jaringan internet yang kurang memadai selama pembelajaran daring; (2) kejenuhan dan sikap malas peserta didik, jenuh dan malas merupakan kondisi psikologi dari peserta didik; (3) kemampuan peserta didik dalam menggunakan aplikasi pembelajaran; dan (4) kepemilikan kuota data internet. Keterbatasan dalam pembelian kuota. Adapun penyelesaian masalah terhadap pembelajaran daring yaitu dengan menerapkan kegiatan tatap muka terbatas, yang bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan tugas peserta didik yang tidak memiliki jaringan internet yang stabil. Sebagai solusi dari kejenuhan dari sikap malas peserta didik. Guru IPS selalu memberikan referensi materi IPS terbaru, yang sesuai dengan fenomena yang terjadi saat ini guru IPS memberikan bimbingan dan arahan kepada peserta didik yang belum menguasai cara pengoperasian aplikasi solusi dalam hambatan kepemilikan kuota yaitu memnfaatkan bantuan kuota dari pemerintah.