PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 1 PABUARANWETAN

Authors

  • Ika Apriliani Putri Institut Pendidikan dan Bahasa Invada Cirebon
  • Mochamad Guntur Institut Pendidikan dan Bahasa Invada
  • Siti Sahronih Institut Pendidikan dan Bahasa Invada

DOI:

https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.28

Keywords:

media pembelajaran, ular tangga, matematika, permainan, Sekolah Dasar

Abstract

Permainan ular tangga bertujuan agar siswa senang mengikuti pembelajaran, sehingga dapat termotivasi dalam belajar. Melalui media permainan ular tangga ini diharapkan siswa akan lebih mudah menguasai materi dan bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan bentuk One-group Pretest-Posttest Design. Jenis penelitian ini adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakukan, setelah diberikan perlakukan barulah memberikan tes akhir (posttest). Hasil rata-rata setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan pada sampel uji coba sehingga yang diperoleh hasil rata-rata 70,00 dengan nilai tertinggi 80,00 dan nilai terendah 50,00. Berdasarkan hasil hitungan statistik parametrik yang sudah dilakukan penulis, maka diketahui nilai hitung 8,439 ttabel 2,062 yang berarti hipotesis (Ha) penelitian ini diterima, yaitu ada pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SDN 1 Pabuaranwetan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukkan penggunaan media permainan ular tangga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III di SDN 1 Pabuaranwetan. Karena pada saat siswa sebelum menggunakan media permainan ular tangga rata-rata nilai pretest yang diperoleh yaitu 40,00 setelah dilakukannya tindakan maka diperoleh rata-rata posttest 70,00. Jadi jumlah peningkatan berdasarkan nilai pretest dan posttest sebesar 30,00%. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh yaitu nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel dan nilai sign kurang dari 0.000. Jadi penggunaan media permainan ular tangga sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SDN 1 Pabuaranwetan.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Putri, I. A., Guntur, M., & Sahronih, S. (2022). PENGARUH MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 1 PABUARANWETAN. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i1.28