PERILAKU MAIN BERGANTIAN PADA ANAK USIA DINI TK AMARTA TANI BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.58660/periskop.v4i1.39Keywords:
perilaku main bergantian, faktor lingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku main bergantian serta mengetahui faktor penyebab sulitnya main bergantian pada anak usia dini di TK Amarta Tani Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dengan peserta didik sebagai subjeknya dan data sekunder dadri wawancara guru sebagai informan serta data pendukung berupa dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dikumpulkan, direduksi, dideskripsikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku main bergantian di TK Amarta Tani Bandar Lampung terdapat anak yang main bergantian dan tidak main bergantian. Sebagian besar anak main bergantian dengan temannya dan beberapa anak tidak main bergantian. Anak yang sudah main bergantian termasuk anak yang cepat menyesuaikan diri secara sosial. Faktor lingkungan mempengaruhi anak main bergantian.