UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MAZE BERBANTUAN MEDIA LOOSE PART

Authors

  • Pratiwi Rizki Pratama TK PKP Jakarta Islamic School

DOI:

https://doi.org/10.58660/periskop.v4i2.51

Keywords:

permainan maze, media pembelajaran loose part, kemampuan bahasa ekspresif, pendidikan anak usia dini

Abstract

Kemampuan literasi dibutuhkan oleh setiap anak sebagai salah satu kemampuan pada abad ke-21, salah satu hal yang menunjang tersebut adalah anak dituntut untuk dapat ekspresif dalam mengungkapkan sesuatu terutama pada usia dini. Diperlukan suatu tindakan untuk dapat menunjang hal tersebut salah satunya adalah pada anak usia dini melalui proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak yaitu melalui kegiatan membuat maze menggunakan media pembelajaran loose part yaitu media permainan bersifat edukatif yang ada di sekitar anak berupa bahan-bahan terbuka, dapat terpisah, disatukan kembali. Tujuan penelitian ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelompok B TK PKP Jakarta Islamic School tahun ajaran 2022/2023. Hasil temuan menunjukkan . Dengan demikian, meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun perlu memperhatikan strategi pembelajaran yang sesuai berdasarkan tingkat pemahaman, metode pembelajaran yang digunakan, serta media pembelajaran yang dapat bervariasi, menarik, dan merangsang kreativitas anak dalam bermain.

 

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Rizki Pratama, P. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT MAZE BERBANTUAN MEDIA LOOSE PART. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 11–17. https://doi.org/10.58660/periskop.v4i2.51