PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA BERBASIS APLIKASI DAN POWER POINT PADA SISWA KELAS VI SD

Authors

  • Mia Rahma Shofari IPB INVADA CIREBON
  • Siti Sahronih Institut Pendidikan dan Bahasa Invada

DOI:

https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.27

Keywords:

Power Point, Aplikasi Edu Game, Media Pembelajaran.

Abstract

Media pembelajarn pada era ini sangat beragam jenisnya yang memiliki fungsi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti melakukan suatu observasi penelitian penggunaan media melalui suatu perbandingan menggunakan Media power point dan Aplikasi Edu-Game untuk melihat hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Penggung pada kelas VI B yang berjumlah 29 Siswa. Dari hasil dua sampel penelitian tersebut, peneliti mendapatkan hasil belajar siswa. Yakni dari segi minat belajar, siswa lebih minat menggunakan media Aplikasi Edu Game dibanding Power Point, karena dari segi tampilan yang sangat menarik dan mudah dipahami serta terdapat scan yang nantinya dapat menscan gambar pada materi. Namun dari segi hasil belajarya lebih berhasil menggunakan media Power Point daripada Aplikasi, karena pada media Power Point ini pun tampilannya juga menarik dan materi yang diberikan dengan jelas.  Sehingga didapat dimana sig pada uji Normalitasnya pada Power Point 0,102 dan pada Edu game 0,137. Pada uji perbandingan rata-rata nya dihasilkan bahwa PowerPoint lebih besar nilai rata-rata nya dibanding penggunaan Aplikasi Edu Game yang dimana Power Point 78,97 sedangkan aplikasi Edu Game 67,41.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Shofari, M. R., & Sahronih, S. (2022). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA BERBASIS APLIKASI DAN POWER POINT PADA SISWA KELAS VI SD. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.27